KEPEMIMPINAN dr. RIA KUNCI SUKSES PELAYANAN PUSKESMAS GENENG


Keberadaan Puskesmas Geneng bisa jadi sangat sentral dalam penanganan kesehatan, karena letaknya berada diantara beberapa desa diwilayah Kecamatan Geneng. Disamping itu, karena terletak dekat dengan jalan raya transnasional menjadikan puskesmas ini menjadi tempat rujukan medis pertama saat terjadi kecelakaan dijalan raya.
Posisi yang demikian menjadikan puskesmas paling Selatan di Kabupaten Ngawi ini akan  berkembang menjadi sarana kesehatan yang memadai. Tercatat, setelah era kepemiminan dr. Ria Isnaeni sejak tahun 2006 Puskesmas Geneng telah mencapai perkembangan yang mengesankan. Apabila berkunjung di puskesmas ini, maka masyarakat akan merasakan pelayanan sekelas rumah sakit.
Gedung yang megah, ruangan tertata rapi, paramedis yang tanggap, kebersihan terjamin, merupakan keunggulan Puskesmas Geneng. Pokoknya berobat di Puskesmas Geneng pasien dibuat betah, tidak akan menggurutu komplain soal pelayanan. Disamping telah tersedia ruang rawat inap yang representatif, puskesmas dengan motto ‘Sehatmu Harapanku’ ini juga memiliki beberapa poly yang bisa langsung mengatasi berbagai keluhan penyakit yang umum diderita masyarakat, yakni poly umum, kandungan & anak, paru, gigi, lansia, serta kesehatan jiwa.
Keseluruhan poly di atas walaupun belum efektif menjangkau seluruh permasalahan kesehatan masyarakat, setidaknya mampu memberikan pelayan kesehatan yang lebih baik dan akan menjadi rujukan pertama dalam penangan masalah kesehatan masyarakat.
Disamping itu, di puskesmas ini setiap hari tertentu diadakan pertemuan guna pembinaan terhadap penderita paru dan kusta, juga pertemuan dukun dn bidan. Dimaksudkan, dengan adanya tatap muka setiap minggu maka permasalahan kesehatan terkait dengan penyakit tersebut bisa teratasi dan terdeteksi sedini mungkin. 
Puskesmas Geneng juga sebagai Puskesmas Poned (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar), yaitu puskesmas yang mampu memberikan layanan penanggulangan keadaan darurat ibu hamil maupun bayi baru lahir. Di layanan ini diterima rujukan dari bidan, polindes, masyarakat umum, serta merujuk ke rumah sakit secara tepat dan aman, siaga 24 jam. Dalam kaitan fasilitas Poned, ada kunjungan dokter spesialis kandungan setiap hari Jum’at, yakni dr. Farida Khotijah, S.P.O.G. untuk konsultasi intensif.  

Kepemimpinan dr. Ria Isnaeni Penentu Kesuksesan

Berbeda dengan pemimpin yang lain yang hanya suka berkeluh kesah ketika mmendapat tantangan karier dalam pekerjaan. Dokter familier ini memiliki personalitas atau kepribdian yang menyiratkan sebuah optimisme. Ia tipe sorang pemimpin yang mengedepankan kinerja daripada penampilan ‘Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe.’ Makanya ketika dipotret saja daokter asal Surabaya ini selalu menghindar, Orbit harus sembunyi-sembunyi untuk sekedar ambil gambar dokter manis ini.
“Gol dari kinerja kita akan tampak dari kunjungan masyarakat ke Puskesmas. Pasien puas akan pelayanan kita, maka dipastikan mereka akan selalu berkunjung di puskesmas,” ungkap dokter Teladan Ngawi pada Tahun 2009.
Lebih lanjut dokter ramah ini menjelaskan, bahwa guna meningkatkan kinerja karyawan segi manajemen staffing sangat vital. Sumber daya karyawan dan pemberdayaan mereka supaya berkinerja, manpower & empowerment staff,  menjadi kunci pelayanan terhadap masyarakat. Untuk itu pada tahun 2011 harus ada capaian yakni meningkatnya kunjungan dan kepedulian ke Puskesmas serta peningkatan kepuasan konsumen terhadap pelayanan. Sus/ Koh Min.